Thursday, March 8, 2018

Perjalanan Pompa Memompa 8 Bulan ini

Mungkin beberapa teman cukup tau gimana perjuangan saya di awal dunia breasfeeding.

Mungkin saya ga sepenuhnya berhasil dalam  dunia breastfeeding walaupun sampai saat ini Daffin masih full ASI di usia nya 8.5 bulan tapi Daffin not Direct Breastfeeding baby.. Dia anak dot banget dehh.. Salahkan saya yang terlalu cepat mengenalkan Dot ke dia.. Dimana harusnya awalnya saya harusnya kasih pake cup feeder,, Tapi karena kurang nya pengetahuan en berasa cupfeeder lebih rawan bikin keselek,, dengan PD nya saya uda nyetok Dot 1 set Pig*on wide neck yang starter kit pas sebelum lahiran.

Awal cerita, Saya lahiran secara SC dan di awal-awal ASI biasa nya seret. Banyak yang bilang lahiran normal lebih cepet keluar ASI karena badan berkontraksi dan sudah siap untuk kelahiran baby,
Sedangkan SC, badan sepertinya kaya belom "ngeh" kalo kita uda lahiran. Jadi badan ini belum siap ngeluarin ASI yang dibutuhin bayi kita..

Singkat cerita, setelah pulang dari RS.. ASI juga belum keluar.
Akhirnya berantem lah sama nyokap karena nyokap prefer di kasih Sufor dulu.
Ya sebagai newly Mom yang idealis,, haram banget hukum nya pake Sufor.
Akhirna cari pertolongan donor ASI ke temen untuk support ASI sampai Asi saya keluar plus inject SUFOR juga akhirna.

Duhilehhh,, pas kasih sufor itu macem film korea Endless Love yang tiap episodenya bercucuran aer mata. Rasanya tuhh kaya gagal aja jadi mama karena ga bisa support ASI ke anak.

Tapi nemu 1 quotes en berasa,, Breastfeeding adalah my responsibility. Jadi I must do it well


sumber : google




Jangan ditiru yahh bagian ituu,, pas uda sadar baru mikir.. Untung Daffin ga kenapa-napa pas gw keukeuh mau ASI.

Duhh inget-inget masa itu,, berasa geli juga,.
Gimana rasanya kaya kesetanan makan booster ini itu biar ASI lancar.

Jadi yang saya makan yaaa.. Setelah makan pokok sehari 3x,,
Di rebusin teh cina yang isi nya angco, lengkeng dan temen2 nya si termos setiap hari
snack either daun katuk,, bayam,, sop kacang ijo,, sop kacang merah,, sop kacang tanah
belom lagi booster ASI : Blackmores 2 kapsul (Kebayang kan kapsul nya blackmores cukup gede-gede), fenugreek, laktafit or moloco
List di atas jadi santapan wajib deh sehari-hari..
Saya juga pernah nyobain beberapa merek susu almond juga untuk booster..

Tapi memang usaha ga pernah menghianati hasil yaa..
Perlahan tapi pasti,, Daffin bisa ngelepas donor ASI nya dan ngelepas Sufor nya dan full ASi di minggu ke2 lahiran nya.
Bisa mulai punya 1 deep freezer dan 1 sewaan kulkas bukaan depan.

Jadwal pumping 3 bulan pertama itu per 3 jam. Jadi minimal saya pompa 7-8 x sehari..

Setelah balik kerja,, saya turunin jadwal pompa jadi 5 x sehari,, Di kantor 3x dan di rumah 2x

Akhirnya per Daffin 8 bulan,, saya turunin frekuensi  pompa lagi menjadi 3x pompa sehari. 1x di kantor dan 2x di rumah.

Duh kalau di tanya target awal, saya awal nya aja gentar untuk set target. Tapi ga muluk-muluk waktu itu cuma set target minimal 6 bulan aja.. Karena anak ini kan belum makan apa-apa.. Kalau bisa pengen full ASI 6 bulan aja.. Kalau bisa lebih,, bener-bener anggap nya anugrah dan bonus

Tapi ga berasa,, day by day di lewati.. 6 bulan terlewati..

Naik kelas ke berikutnya  set target berharap 1 tahun nih terlewati.. Nah perjalanan menuju 1 tahun tinggal 3.5 bulan lagi..

Sampai berapa lama lagi akan pompa?
Target nya  naik ke 1.5 tahun kayana..
Saya kayana akan gantung pompaan di usia Daffin 1.5 tahun.
Dari 1.5 tahun nanti Daffin tinggal ngabisin stok ASIP beku di freezer baru lanjut either ke UHT or Sufor.


Saya pake pompaan Spectra S1 hospoital Grade.. Duileh pulang pergi bawa pompa spectra s1 en ice gell 2 biji en susu 2 botol kurang lebih 500 ml,,
Tas nya tuh guede banget

sumber : google
Pompaan ini yang sudah menemani 8 bulan inii..

kebayang donk setiap hari  macam tukang jual y*kult keliling


Postingan ini sekedar menjadi pengingat dan bahan sharing bahwa teman-teman yang sekarang masih berjuang ASI,, percayalah usaha ga mengkhinati hasil..
Breasfeeding itu perlu keteguhan dan konsisten.. Kalian pasti bisa..
Tapi kalau akhirna ga bisa asi ekslusif ga masalah,, Sufor ga jahat kok,,
At least kita sudah try our best kalo sampai ending nya ga bisa Asi ekslusif kita ga merasa bersalah sama anak kita tokh kita sudah try our best kan..

Salam mendung di jam menjelang pulang kantorrr..

6 comments:

  1. Sufor gk jahat* keknya typo tuh nana :D hehee

    Mami daffin hebat ! good job :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehhe.. sudah di ralattt nie,,, tq tq.

      Delete
  2. wkwkkwkw Dot jg ndk jahat kok shay...gw dulu kek lu mikir duh gw ndk bs direct pas olive *dan pas nico jg wkkwkw* gw gagal jd seorang ibu seutuhnya soalny udh lahiran sc pake ndk bisa nyusui direct pula wkkwkwk tp untung budi ingetin ngapain down gt lu hrs liat positifnya, lu tau olive ma nico bisa minum brp ml sehari, lu tau mereka pasti masuk susunya..klo direct kan lu kek tebak2an wkkwkwkw mulai deh semangat pumping lg ...semangat na, perjuangan tinggal dikit lg kok

    ReplyDelete
  3. Iaaa cikk.. Bener si dengan eping qt tau banget takaran dia minum sehari berapa,, tq ci semangat nya..
    C mira juga semangatttt..

    ReplyDelete
  4. Been there Na, ahahahaha, galau2 ga jelas gegara ga bs direct breastfeeding ke anak. Tapi yg ptg anak qta dpt asupan makanan (baca : susu) ya entah itu asi atau sufor. Semuanya sama2 baik buat anak :)
    Semangat pumping ya Na 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. iaaa ci ping ping,, yang penting anak sehat yaaa.. cici juga semangat..

      Delete